Selamat Datang di My Blog Keep Smile

Selasa, 12 Juni 2012

MAKROALGA (Sargasum duplicatum)


NAMA: SITI MALI’AH
NIM   : 10620107
KLS   : BIOLOGI C

MAKROALGA (Sargasum duplicatum)
gambar
(sargassum duplicatum J.G. Agardh ) http://www.iptek.net.id
Klasifikasi:
Empire Eukaryota
     Kingdom 
Chromista
          Subkingdom 
Harosa
              Infrakingdom 
Heterokonta
                  Phylum 
Ochrophyta
                     Subphylum 
Phaeista
                         Infraphylum 
Marista
                             Superclass 
Fucistia
                                 Class 
Phaeophyceae
                                     Order 
Fucales
                                         Family 
Sargassaceae
                                               Genus 
Sargassum
                                                       Species Sargassum duplicatum
Habitat alga Sargassum tumbuh diperairan pada kedalaman 0,5–10 m, ada arus dan ombak. Pertumbuhan alga ini sebagai makro alga bentik melekat pada substrat dasar perairan. Di daerah tubir tumbuh membentuk rumpun besar, panjang thalli utama mencapai 0,5-3 m dengan untaian cabang thalli terdapat kantong udara (bladder), selalu muncul di permukaan air (http://www.iptek.net.id).
Alga coklat Sargassum spp. termasuk tumbuhan kosmopolitan, tersebar hampir diseluruh perairan Indonesia. Penyebaran Sargassum spp. di alam sangat luas terutama di daerah rataan terumbu karang di semua wilayah perairan pantai. Lingkungan tempat tumbuh alga Sargassum terutama di daerah perairan yang jernih yang mempunyai substrat dasar batu karang, karang mati, batuan vulkanik dan benda-benda yang bersifat massif yang berada di dasar perairan. Alga Sargassum tumbuh dari daerah intertidal, subtidal sampai daerah tubir dengan ombak besar dan arus deras. Kedalaman untuk pertumbuhan dari 0,5–10 m(fahry.2009).
 Alga Sargassum tumbuh berumpun dengan untaian cabang-cabang. Panjang thalli utama mencapai 1–3 m dan tiap-tiap percabangan terdapat gelembung udara berbentuk bulat yang disebut “Bladder,”berguna untuk menopang cabang-cabang thalli terapung ke arah permukaan air untuk mendapatkan intensitas cahaya matahari (http://www.coremap.or.id).

Spesifikasi:
Thalli bulat pada batang utama dan agak gepeng pada percabangan, permukaan halus atau licin. Percabangan dichotomous dengan daun bulat lonjong, pinggir bergerigi, tebal dan duplikasi (double edged). Vesicle melekat pada batang daun, bulat telur atau elip, ada yang bersayap dan menyerupai bentuk daun. Reseptacle, membentuk rangkaian atau pengelompokan yang rimbun merapat seperti kembang kol. Warna coklat tua atau coklat muda. Tinggi rumpun mencapai 60 cm (sarwono. 2011).
Sebaran
Tumbuh menempel pada batu di daerah terumbu terutama di bagian pinggir luar rataan terumbu yang sering terkena ombak. Sebaran, pantai Selatan Jawa, Maluku. Dan potensinya belum banyak di manfaatkan (sulisetjono.2009:132)





DAFTAR PUSTAKA

http://www.algaebase.org/search/species/detail/?species id=19144. Diakses pada tanggal 9 november 2011
Diakses pada tanggal 9 november 2011
http:// www.iptek.net.id/ind/pdalga/index.php?mnu=2&alga=coklat&id=13.Diakses pada tanggal 9 november 2011
muhammad,fahry. 2009.http://elfahrybima.blogspot.com/alga-coklat-sargassum-duplicatum.html
Risjani. 2009. Karakterisasi Metabolit Bioaktif Rumput Laut Sargassum Sp (Phaeophyta) Yang Berpotensi Sebagai Senyawa Antitumor. Malang: UB press
sarwono prawirogardjanto. 2011. Makroalga. Jakarta:yayasan bina pustaka
sulisetjono. 2009. Bahan serahan Alga. Malang: fakultas saintek jurusan biologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar